KELOPOK 5
- Aditya Tulus N K4310001
 - Ariska Yanuarsari K4310008
 - Diana Fatihatul U K4310020
 - Listiawan K4310049
 - Rina Wijayanti K4310071
 
KD 2.2 Deskripsi
Archaeobacteria dan eubacteria serta Peranannya.
Indikator:
·        
Kognitif
a.       Produk
1.      Menyebutkan
ciri-ciri archaebacteria dan eubacteria
2.      Menyebutkan
perbedaan antara archaebacteria dan eubacteria
3.      Menyebutkan
peranan archaebacteria dan eubacteria
b.      Proses
1.      Menganalisa
ciri-ciri archaebacteria melalui replica dan eubacteria melalui pengamatan
bakteri dengan mikroskop
2.      Mengidentifikasi
peranan archaebacteria melalui kajian literatur dan eubacteria melalui
praktikum pembuatan yogurt
·        
Psikomotorik
1.      Mengamati
eubacteria menggunakan mikroskop
2.      Mengamati
archaebacteria melalui replika
3.      Menggambar
hasil pengamatan
4.     
Mengkomunikasikan hasil pengamatan
melalui presentasi kelompok
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTORIK
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTORIK
| 
   
No. 
Absn 
 | 
  
   
Nama 
 | 
  
   
KPS 
 | 
  
   
Menggunakan mikroskop 
 | 
  
   
Menggambarkan hasil
  pengamatan 
 | 
  
   
Mengamati preparat 
 | 
  
   
Mengelompokkan 
 | 
  
   
Jumlah 
 | 
 ||||||||||||
| 
   
Rubrik 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   
Aditya Tulus 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Ariska Yanuarsai 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Diana Fatihatul 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Listiawan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Rina Wijayanti 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Rubrik penilaian PSIKOMOTORIK
Proses
| 
   
Menggunakan mikroskop 
 | 
 |
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Membawa mikroskop
  dengan benar, meletakkan preparat dengan benar, mengatur perbesaran dengan
  tepat, mengatur focus dan pencahayaan dengan tepat 
Jika salah satu point
  tidak tercapai 
Jika dua point tidak
  tercapai 
Jika lebih dari dua
  point tidak tercapai 
 | 
 
| 
   
Menggambarkan
  hasil pengamatan 
 | 
 |
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Menggambar
  hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar 
Menggambar
  hasil pengamatan tidak sesuai hasil
  pengamatan disertai keterangan gambar 
Menggambar
  hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan dan tidak disertai keterangan gambar 
Menggambar
  hasil pengamatan tidak sesuai hasil
  pengamatan dan tidak disertai
  keterangan gambar 
 | 
 
| 
   
Mengamati
  preparat 
 | 
 |
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Menyebutkan
  bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati 
Jika
  salah satu point tidak tercapai 
Jika
  dua point tidak tercapai 
Jika
  lebih dari dua point tidak tercapai 
 | 
 
| 
   
Mengelompokkan 
 | 
 |
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Memberikan
  perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
  bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati 
Memberikan
  perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
  point 4 tetapi berkurang 1 
Memberikan
  perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
  point 4 tetapi berkurang 2 
 Tidak memberikan
  perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria  
 | 
 
| 
   
Presentasi 
 | 
 |
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Apabila
  materi sesuai, performance bagus, gaya bahasa menarik, menggunakan media yang
  tidak ribet dan komunikatif. 
Apabila
  salah satu tidak ada tapi bukan materi sesuai. 
Apabila
  salah dua tidak ada materi sesuai. 
Apabila
  yang tidak ada adalah materi sesuai atau salah tiga tidak ada. 
 | 
 
Rubrik penilaian PSIKOMOTORIK
Produk
| 
   
 Menggunakan mikroskop 
 | 
 ||
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Membawa mikroskop
  dengan benar, meletakkan preparat dengan benar, mengatur perbesaran dengan
  tepat, mengatur focus dan pencahayaan dengan tepat 
Jika salah satu point
  tidak tercapai 
Jika dua point tidak
  tercapai 
Jika lebih dari dua
  point tidak tercapai 
 | 
 |
| 
   
Menggambarkan
  hasil pengamatan 
 | 
 ||
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Menggambar
  hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar 
Menggambar
  hasil pengamatan tidak sesuai hasil
  pengamatan disertai keterangan gambar 
Menggambar
  hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan dan tidak disertai keterangan gambar 
Menggambar
  hasil pengamatan tidak sesuai hasil
  pengamatan dan tidak disertai
  keterangan gambar 
 | 
 |
| 
   
Mengamati
  preparat 
 | 
 ||
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Menyebutkan
  bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati 
Jika
  salah satu point tidak tercapai 
Jika
  dua point tidak tercapai 
Jika
  lebih dari dua point tidak tercapai 
 | 
 |
| 
   
Mengelompokkan 
 | 
 ||
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Memberikan
  perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan bentuk,
  bagian-bagian, dan warna objek yang diamati 
Memberikan
  perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
  point 4 tetapi berkurang 1 
Memberikan
  perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
  point 4 tetapi berkurang 2 
 Tidak memberikan
  perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria  
 | 
 |
| 
   
Menafsirkan 
 | 
 ||
| 
   
4 
3 
2 
1 
 | 
  
   
Mengelompokan
  bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan menyebutkan
  alasannya. 
Mengelompokan
  bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan
  menyebutkan alasannya, tetapi alasannya salah 
Mengelompokan
  bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan
  menyebutkan alasannya, tetapi keduanya salah 
Tidak mengelompokan
  bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan
  menyebutkan alasannya. 
 | 
 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar