Jumat, 28 Juni 2013

Rubrik Psikomotorik


KELOPOK 5
  1. Aditya Tulus N           K4310001
  2. Ariska Yanuarsari       K4310008
  3. Diana Fatihatul U       K4310020
  4. Listiawan                    K4310049
  5. Rina Wijayanti            K4310071

KD 2.2 Deskripsi Archaeobacteria dan eubacteria serta Peranannya.
Indikator:
·         Kognitif
a.       Produk
1.      Menyebutkan ciri-ciri archaebacteria dan eubacteria
2.      Menyebutkan perbedaan antara archaebacteria dan eubacteria
3.      Menyebutkan peranan archaebacteria dan eubacteria
b.      Proses
1.      Menganalisa ciri-ciri archaebacteria melalui replica dan eubacteria melalui pengamatan bakteri dengan mikroskop
2.      Mengidentifikasi peranan archaebacteria melalui kajian literatur dan eubacteria melalui praktikum pembuatan yogurt
·         Psikomotorik
1.      Mengamati eubacteria menggunakan mikroskop
2.      Mengamati archaebacteria melalui replika
3.      Menggambar hasil pengamatan
4.      Mengkomunikasikan hasil pengamatan melalui presentasi kelompok
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTORIK

No.
Absn
Nama
KPS
Menggunakan mikroskop
Menggambarkan hasil pengamatan
Mengamati preparat
Mengelompokkan
Jumlah
Rubrik
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
Aditya Tulus


















2
Ariska Yanuarsai


















3
Diana Fatihatul


















4
Listiawan


















5
Rina Wijayanti



















Rubrik penilaian PSIKOMOTORIK Proses

Menggunakan mikroskop
4

3
2
1
Membawa mikroskop dengan benar, meletakkan preparat dengan benar, mengatur perbesaran dengan tepat, mengatur focus dan pencahayaan dengan tepat
Jika salah satu point tidak tercapai
Jika dua point tidak tercapai
Jika lebih dari dua point tidak tercapai
Menggambarkan hasil pengamatan
4
3
2
1
Menggambar hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar hasil pengamatan tidak sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan dan tidak disertai keterangan gambar
Menggambar hasil pengamatan tidak sesuai hasil pengamatan dan tidak disertai keterangan gambar
Mengamati preparat
4
3
2
1
Menyebutkan bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Jika salah satu point tidak tercapai
Jika dua point tidak tercapai
Jika lebih dari dua point tidak tercapai
Mengelompokkan
4

3

2

1
Memberikan perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Memberikan perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan point 4 tetapi berkurang 1
Memberikan perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan point 4 tetapi berkurang 2
 Tidak memberikan perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria
Presentasi
4

3
2
1
Apabila materi sesuai, performance bagus, gaya bahasa menarik, menggunakan media yang tidak ribet dan komunikatif.
Apabila salah satu tidak ada tapi bukan materi sesuai.
Apabila salah dua tidak ada materi sesuai.
Apabila yang tidak ada adalah materi sesuai atau salah tiga tidak ada.




Rubrik penilaian PSIKOMOTORIK Produk

 Menggunakan mikroskop
4

3
2
1
Membawa mikroskop dengan benar, meletakkan preparat dengan benar, mengatur perbesaran dengan tepat, mengatur focus dan pencahayaan dengan tepat
Jika salah satu point tidak tercapai
Jika dua point tidak tercapai
Jika lebih dari dua point tidak tercapai
Menggambarkan hasil pengamatan
4
3
2

1
Menggambar hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar hasil pengamatan tidak sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan dan tidak disertai keterangan gambar
Menggambar hasil pengamatan tidak sesuai hasil pengamatan dan tidak disertai keterangan gambar
Mengamati preparat
4
3
2
1
Menyebutkan bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Jika salah satu point tidak tercapai
Jika dua point tidak tercapai
Jika lebih dari dua point tidak tercapai
Mengelompokkan
4

3

2

1
Memberikan perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Memberikan perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan point 4 tetapi berkurang 1
Memberikan perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan point 4 tetapi berkurang 2
 Tidak memberikan perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria
Menafsirkan
4

3

2

1
Mengelompokan bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan menyebutkan alasannya.
Mengelompokan bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan menyebutkan alasannya, tetapi alasannya salah
Mengelompokan bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan menyebutkan alasannya, tetapi keduanya salah
Tidak mengelompokan bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan menyebutkan alasannya.




Tidak ada komentar: