KELOPOK 5
- Aditya Tulus N K4310001
- Ariska Yanuarsari K4310008
- Diana Fatihatul U K4310020
- Listiawan K4310049
- Rina Wijayanti K4310071
KD 2.2 Deskripsi
Archaeobacteria dan eubacteria serta Peranannya.
Indikator:
·
Kognitif
a. Produk
1. Menyebutkan
ciri-ciri archaebacteria dan eubacteria
2. Menyebutkan
perbedaan antara archaebacteria dan eubacteria
3. Menyebutkan
peranan archaebacteria dan eubacteria
b. Proses
1. Menganalisa
ciri-ciri archaebacteria melalui replica dan eubacteria melalui pengamatan
bakteri dengan mikroskop
2. Mengidentifikasi
peranan archaebacteria melalui kajian literatur dan eubacteria melalui
praktikum pembuatan yogurt
·
Psikomotorik
1. Mengamati
eubacteria menggunakan mikroskop
2. Mengamati
archaebacteria melalui replika
3. Menggambar
hasil pengamatan
4.
Mengkomunikasikan hasil pengamatan
melalui presentasi kelompok
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTORIK
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTORIK
No.
Absn
|
Nama
|
KPS
|
Menggunakan mikroskop
|
Menggambarkan hasil
pengamatan
|
Mengamati preparat
|
Mengelompokkan
|
Jumlah
|
||||||||||||
Rubrik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Aditya Tulus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ariska Yanuarsai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Diana Fatihatul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Listiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Rina Wijayanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian PSIKOMOTORIK
Proses
Menggunakan mikroskop
|
|
4
3
2
1
|
Membawa mikroskop
dengan benar, meletakkan preparat dengan benar, mengatur perbesaran dengan
tepat, mengatur focus dan pencahayaan dengan tepat
Jika salah satu point
tidak tercapai
Jika dua point tidak
tercapai
Jika lebih dari dua
point tidak tercapai
|
Menggambarkan
hasil pengamatan
|
|
4
3
2
1
|
Menggambar
hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar
hasil pengamatan tidak sesuai hasil
pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar
hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan dan tidak disertai keterangan gambar
Menggambar
hasil pengamatan tidak sesuai hasil
pengamatan dan tidak disertai
keterangan gambar
|
Mengamati
preparat
|
|
4
3
2
1
|
Menyebutkan
bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Jika
salah satu point tidak tercapai
Jika
dua point tidak tercapai
Jika
lebih dari dua point tidak tercapai
|
Mengelompokkan
|
|
4
3
2
1
|
Memberikan
perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Memberikan
perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
point 4 tetapi berkurang 1
Memberikan
perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
point 4 tetapi berkurang 2
Tidak memberikan
perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria
|
Presentasi
|
|
4
3
2
1
|
Apabila
materi sesuai, performance bagus, gaya bahasa menarik, menggunakan media yang
tidak ribet dan komunikatif.
Apabila
salah satu tidak ada tapi bukan materi sesuai.
Apabila
salah dua tidak ada materi sesuai.
Apabila
yang tidak ada adalah materi sesuai atau salah tiga tidak ada.
|
Rubrik penilaian PSIKOMOTORIK
Produk
Menggunakan mikroskop
|
||
4
3
2
1
|
Membawa mikroskop
dengan benar, meletakkan preparat dengan benar, mengatur perbesaran dengan
tepat, mengatur focus dan pencahayaan dengan tepat
Jika salah satu point
tidak tercapai
Jika dua point tidak
tercapai
Jika lebih dari dua
point tidak tercapai
|
|
Menggambarkan
hasil pengamatan
|
||
4
3
2
1
|
Menggambar
hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar
hasil pengamatan tidak sesuai hasil
pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar
hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan dan tidak disertai keterangan gambar
Menggambar
hasil pengamatan tidak sesuai hasil
pengamatan dan tidak disertai
keterangan gambar
|
|
Mengamati
preparat
|
||
4
3
2
1
|
Menyebutkan
bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Jika
salah satu point tidak tercapai
Jika
dua point tidak tercapai
Jika
lebih dari dua point tidak tercapai
|
|
Mengelompokkan
|
||
4
3
2
1
|
Memberikan
perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan bentuk,
bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Memberikan
perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
point 4 tetapi berkurang 1
Memberikan
perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria berdasarkan
point 4 tetapi berkurang 2
Tidak memberikan
perbedaan dan persamaan antara archeobacteria dan eubacteria
|
|
Menafsirkan
|
||
4
3
2
1
|
Mengelompokan
bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan menyebutkan
alasannya.
Mengelompokan
bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan
menyebutkan alasannya, tetapi alasannya salah
Mengelompokan
bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan
menyebutkan alasannya, tetapi keduanya salah
Tidak mengelompokan
bakteri tersebut masuk ke dalam archeobacteria atau eubacteria dan
menyebutkan alasannya.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar