Jumat, 28 Juni 2013

Mikroteaching


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : XI / II
Pertemuan                   : 2
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar kompetensi    :
2. Memahami keterkaitan antara strktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks saling temas
Kompetensi dasar       :
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.

 

Indikator
A.  Kognitif
1.      Proses
a.  Mengidentifikasi struktur jaringan  tumbuhan.
b. Menguraikan fungsi jaringan tumbuhan.
c.  Mengidentifikasi jaringan pada organ tumbuhan.
d. Mengidentifikasi sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
2.    Produk
a.    Menyebutkan jaringan  tumbuhan.
b.    Menjelaskan fungsi jaringan tumbuhan.
c.    Menguraikan jaringan pada organ tumbuhan.
d.   Menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.

B.  Psikomotorik
a.       Memerankan peran sebagai salah satu jaringan  tumbuhan
b.      Menggunakan mikroskop untuk mengamati jaringan pada organ tumbuhan
c.       Mendiskusikan jaringan pada organ tumbuhan
C. Afektif
A.    A. Karakter
1.    Memiliki kedisiplinan selama proses pembelajaran.
2.    Menanamkan tanggungjawab.
3.    Jujur
B.     Keterampilan sosial
1.    Dapat menghargai pendapat orang lain.
2.    Bekerjasama

Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
1. Proses
a.       Siswa mampu mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan melalui kajian literature dan peran yang dimainkan teman.
b.      Siswa mampu menguraikan fungsi jaringan tumbuhan melalui kajian literature.
c.       Siswa mampu mengidentifikasi jaringan pada organ tumbuhan melalui pengamatan preparat awetan menggunakan mikroskop.
d.      Siswa mampu mengidentifikasi sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan melalui kajian literature.

2. Produk
a.    Siswa mampu menyebutkan jaringan  tumbuhan melalui kajian literature dan peran yang dimainkan teman.
b.    Siswa mampu menjelaskan fungsi jaringan tumbuhan melalui pengamatan preparat awetan menggunakan mikroskop.
c.    Siswa mampu menguraikan jaringan pada organ tumbuhan melalui pengamatan preparat awetan menggunakan mikroskop.
d.   Siswa mampu menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan melalui kajian literature.


B. Psikomotorik
b.    Siswa mampu memerankan peran sebagai salah satu jaringan  tumbuhan
c.    Siswa mampu menggunakan mikroskop untuk mengamati jaringan pada organ tumbuhan
d.   Siswa mampu mendiskusikan jaringan pada organ tumbuhan

Afektif
A.    Karakter
1.    Memiliki kedisiplinan selama proses pembelajaran.
2.    Menanamkan tanggungjawab.
3.    Jujur
B.     Keterampilan sosial
1.    Dapat menghargai pendapat orang lain.
2.    Bekerjasama

Materi Ajar
Struktur tumbuhan terdiri atas jaringan-jaringan berikut.
1.    Epidermis
Fungsi yaitu untuk melindungi jaringan lainnya.
Ciri-cirinya adalah
·      Berada paling luar pada alat-alat tumbuhan primer spt akar, batang daun, bunga, buah, biji.
·      Tersusun atas satu lapisan sel dan sangat rapat sehingga tidak terdapat ruang antarsel.
·      Bentuknya bermacam-macam, misalnya isodiametris yang memanjang, berlekuk-lekuk, atau menampakkan bentuk lain.
·      Merupakan sel hidup karena masih mengandung protoplas
·      Terdapat vakuola yang besar di tengah dan tidak mengandung plastida.
·      Penebalan membran sel epidermis merupakan penebalan sekunder yang terdiri atas selulosa yang berwujud sebagai garis-garis  lamela.
Sel-sel initial epidermis sebagian dapat berkembang menjadi alat tambahan lain yang sering disebut derivat epidermis, seperti
a.    Stomata
Adalah celah yang terdapat pada epidermis organ tumbuhan.
Terdiri atas sel penutup, bagian celah, sel tetangga, dan ruang udara dalam.
b.    Trikoma
Terdiri atas sel tunggal atau banyak sel.
Struktur yang menyerupai trikoma, tetapi tidak besar dan terbentuk dari jaringan epidermis atau di bawah epidermis disebut  emergensia, sedangkan apabila terbentuk dari jaringan stele disebut  spina.
Peranan trikoma bagi tumbuhan, antara lain sebagai berikut.
·      Trikoma pada epidermis daun berfungsi untuk mengurangi penguapan.
·      Menyerap air serta garam-garam mineral.
·      Mengurangi gangguan hewan.
2.    Parenkim
Cirnya adalah
·      merupakan jaringan yang terbentuk atas sel hidup.
·      disebut jaringan dasar karena hampir pada setiap tumbuhan akan terdapat parenkim. Jaringan parenkim terdapat pada  jaringan lain.
·      disebut jaringan pemula karena pada tumbuhan primitif tubuhnya terdiri sel parenkim.
·      memiliki membran sel yang tipis dan jarang mengandung lignin.
·      Sel ini masih melakukan aktivitas hidup dan mempunyai vakuola yang berisi zat makanan.
·      Jaringan parenkim memiliki kloroplas dan berbentuk poligonal dengan banyak ruang antarsel untuk pertukaran udara.
3.    Jaringan Penyokong (Mekanik)
fungsinya sebagai penguat tubuh tumbuhan.
Cirinya adalah
·      memiliki dinding sel yang tebal
·      mengandung lignin dan zat-zat lainnya yang memberi sifat keras pada dinding sel.
Jaringan penyokong terdiri dari:
a.       Jaringan kolenkim
Merupakan jaringan yang dindingnya mengalami penebalan dari selulosa dan pektin terutama di bagian sudut-sudutnya.
Banyak terdapat pada tumbuhan yang masih muda, yang belum
berkayu, merupakan sel hidup.
b.    Jaringan sklerenkim
Merupakan jaringan yang sel-selnya mengalami penebalan dari lignin (zat kayu), sel-selnya sudah mati.
berfungsi untuk menghadapi segala tekanan sehingga dapat melindungi jaringan-jaringan yang lebih lemah.
Ada pada organ tumbuhan yang tidak lagi mengadakan pertumbuhan dan perkembangan atau organ tumbuhan yang telah tetap.
Menurut bentuknya, sklerenkim dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
·      Skelereid (sel batu): selnya mati, bentuk bulat, dan berdinding keras sehingga tahan tekanan karena tersusun atas selulosa yang mengandung zat lignin yang tebal. Pada beberapa tumbuhan, kadang ditemukan pula zat suberin dan kutin. Contoh : sel-sel tempurung kenari dan tempurung kelapa.
·      Serabut-serabut sklerenkim (serat): Dinding selnya mengalami penebalan dari zat kayu dan mengandung lamela-lamela selulosa sehingga lumen selnya sempit. Serat ini berbentuk poligon, yaitu segi lima atau segi enam.
4.    Jaringan pengangkut
Untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan serta mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar ke daun, tumbuhan menggunakan jaringan pengangkut.
Jaringan pengangkut terdiri dari:
a.    Xilem (pembuluh kayu)
Xilem disusun oleh trakeid, trakea, pembuluh xilem (pembuluh kayu), parenkim kayu, dan sklerenkim kayu (serabut kayu). Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dan dari dalam tanah menuju ke  daun.
b.    Floem (pembuluh tapis)
Floem disusun oleh  sel ayakan atau tapis, pembuluh  tapis, sel pengiring, sel parenkim kulit kayu, dan serabut kulit kayu (sel sklerenkim). Floem berfungsi untuk mengangkut zat-zat hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.
Xilem dan floem bersatu membentuk suatu ikatan pembuluh angkut.


Organ pada tumbuhan
 

Media pembelajaran
1)   Mikroskop
2)   Preparat awetan
3)   Spidol
4)   Papan tulis

Rancangan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa untuk menggali pengetahuan awal.
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
2.    Kegiatan Inti
a.       Guru menyusun skenario yang akan ditampilkan.
b.      Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang.
c.       Memanggil para siswa dalam kelompok yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan.
d.      Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan.
e.       Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas/memberi penilaian atas penampilan masing-masing kelompok.
f.       Guru memberikan evaluasi
g.      Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang untuk mengamati preparat organ tumbuhan.
h.      Kelompok mempresentasikan
i.        Guru memberikan evaluasi
3.    Kegiatan penutup
Guru mengarahkan siswa untuk menganalisa data dan membuat kesimpulan apa yang telah dipelajari hari ini.

Penilaian
1.    Kognitif                  : Postest dan  tugas individu
2.    Psikomotor             : diskusi, bermain peran dan pengamatan
3.    Afektif                   : Lembar observasi
Instrumen penialian terlampir














Surakarta, 1 maret 2013
Mahasiswa


Diana Fatihatul
K4310020
RUBRIK PENILAIAN
KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Laporan pengamatan dengan menggunakan mikroskop
Kelompok 1
Mengamati batang dan akar dikotil serta serat melintang daun
Kelompok II
Mengamati batang dan akar dikotil serta serat melintang daun

ISIAN


Soal  posttest
1.    Floem merupakan jaringan yang berfungsi untuk … (untuk mengangkut zat-zat hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh)
2.    Apabila di antara xilem dan floem ditemukan kambium maka berkas pengangkutanya bertipe .... (Kolateral terbuka)
3.    Pada tumbuhan terdapat jaringan sebagai pengisi tubuh tumbuhan dan penyimpanan makanan cadangan. Jaringan tersebut adalah .... (jaringan parenkim)
4.    Lapisan terluar dari tumbuhan adalah .... (jaringan epidermis)
5.    Fungsi kambium intravaskuler adalah . . . . (pembentukan floem ke arah luar dan xilem ke arah dalam)
6.    Sel pengiring terdapat pada jaringan . . . (jaringan pengangkutà floem)


RUBRIK PENILAIAN
KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

Bermain peran dalam kelompok
No
PERNYATAAN
1
Terampil memulai kegiatan diskusi dengan baik.
5. Siswa memenuhi 4 kriteria yaitu mengetahui dengan jelas anggota kelompoknya, menempatkan diri pada tempat yang ditunjukan guru, berkumpul dengan anggota kelompok yang benar, dan segera mengatur posisi tempat duduk.
4.  Siswa hanya memenuhi 3 dari 4 kriteria diatas.
3.  Siswa hanya memenuhi 2 dari 4 kriteria diatas.
2   Siswa hanya memenuhi 1 dari 4 kriteria artikel diatas.
1.  Siswa tidak memenuhi 4 kriteria diatas.
2
Terampil mengatur pembagian tugas dalam kelompok saat kegiatan diskusi.
5.  Siswa mengatur pembagian tugas saat kegiatan diskusi kelompok dan juga menyelesaikan tugas sesuai bagian yang diberikan kepadanya serta membantu menyelesaikan bagian tugas teman yang belum selesai.
4.  Siswa mengatur pembagian tugas saat kegiatan diskusi kelompok dan juga menyelesaikan tugas sesuai bagian yang diberikan kepadanya namun siswa tidak membantu menyelesaikan bagian tugas teman yang belum selesai.
3.   Siswa tidak mengatur pembagian tugas saat kegiatan diskusi kelompok namun siswa menyelesaikan tugas sesuai bagian yang diberikan kepadanya serta membantu menyelesaikan bagian tugas teman yang belum selesai.
2.  Siswa mengikuti diskusi tanpa mengatur pembagian tugas kelompok dan tidak membantu menyelesaikan bagian tugas teman yang belum selesai namun siswa menyelesaikan tugas sesuai bagian yang diberikan kepadanya.
1.  Siswa mengikuti diskusi tanpa mengatur pembagian tugas kelompok dan tidak membantu menyelesaikan bagian tugas teman yang belum selesai dan tidak menyelesaikan tugas sesuai bagian yang diberikan kepadanya.
3
Terampil mempertujukan peran dalam kelompok.
5.  Siswa menyajikan peran hasil diskusi kelompok di depan kelas, berbicara dengan jelas dan mampu menghayati perannya.
4.  Siswa menyajikan peran hasil diskusi kelompok di depan kelas, berbicara dengan jelas dan tidak mampu menghayati perannya.
3. Siswa menyajikan peran hasil diskusi kelompok di depan kelas,  tidak mampu berbicara dengan jelas dan menghayati perannya.
2.  Siswa hanya membaca hasil diskusi kelompok di depan kelas sehingga malu dalam bermain peran.
1.  Siswa tidak melakukan hasil diskusi kelompok di depan kelas

Pengamatan dengan menggunakan mikroskop
Menggunakan mikroskop
4

3
2
1
Membawa mikroskop dengan benar, meletakkan preparat dengan benar, mengatur perbesaran dengan tepat, mengatur focus dan pencahayaan dengan tepat
Jika salah satu point tidak tercapai
Jika dua point tidak tercapai
Jika lebih dari dua point tidak tercapai
Menggambarkan hasil pengamatan
4
3
2
1
Menggambar hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar hasil pengamatan tidak sesuai hasil pengamatan disertai keterangan gambar
Menggambar hasil pengamatan sesuai hasil pengamatan, tidak disertai keterangan gambar
Menggambar hasil pengamatan tidak sesuai hasil pengamatan, tidak disertai keterangan gambar
Mengamati preparat
4
3
2
1
Menyebutkan bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Jika salah satu point tidak tercapai
Jika dua point tidak tercapai
Jika lebih dari dua point tidak tercapai
Mengelompokkan
4

3
2
1
Memberikan perbedaan dan persamaan antara dikotil dan monokotil  berdasarkan bentuk, bagian-bagian, dan warna objek yang diamati
Kriteria point 4 tetapi berkurang 1
Kriteria point 4 tetapi berkurang 2
 Tidak memberikan perbedaan dan persamaan antara dikotil dan monokotil 
Presentasi
4

3
2
1
Apabila materi sesuai, performance bagus, gaya bahasa menarik, menggunakan media yang tidak ribet dan komunikatif.
Apabila salah satu tidak ada tapi bukan materi sesuai.
Apabila salah dua tidak ada materi sesuai.
Apabila yang tidak ada adalah materi sesuai atau salah tiga tidak ada.

Nilai Psikomotorik =  +  =

Bermain peran dalam kelompok
No.
Nama siswa
Kegiatan diskusi
Pembagian tugas dalam kelompok
Peran dalam kelompok
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5




































Pengamatan dengan menggunakan mikroskop
No.
Nama siswa
Menggunakan mikroskop
Mengamati preparat
Mengelompokkan
Presentasi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4





































Rubrik Kriteria Penilaian Afektif

Karakter
Aspek yang dinilai
Aturan penilaian
1.      Tanggung jawab


1.   Melaksanakan dan menyelesaikan tugas namun tidak sesuai dengan hasil pengamatan dan hasil diskusi.
2.   Melaksanakan dan menyelesaikan tugas namun terdapat sedikit kesalahan dalam penulisan hasil pengamatan dan hasil diskusi.
3.   Melaksanakan dan menyelesaikan tugas sesuai dengan hasil pengamatan dan hasil diskusi namun kurang sesuai dengan teori.
4.   Melaksanakan dan menyelesaikan tugas sesuai dengan hasil pengamatan dan hasil diskusi sesuai kajian teori.
2.    Jujur
1.  Melihat jawaban teman dan membuka buku saat ujian
2.  Membuka buku ketika ujian
3.  Melihat jawaban teman sebangku ketika ujian
4.  Tidak melihat jawaban teman dan tidak membuka buku ketika mengerjakan soal tes
3.   Disiplin
1.      Tidak disiplin dalam berdiskusi karena lebih banyak bercanda dengan teman sekelompoknya.
2.      Kurang disiplin dalam berdiskusi, tidak menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
3.      Disiplin dalam berdiskusi, tidak menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
4.      Disiplin dalam berdiskusi, menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan

Ketrampilan sosial
Aspek yang dinilai
Aturan penilaian
1.  Menghargai    pendapat
1.   Hanya mendengarkan pendapat dari teman lain maupun guru.
2.   Mendengarkan tetapi tidak  menanggapi pendapat dari teman lain
3.   Mendengarkan dengan tidak serius dan menanggapi pendapat dari teman lain
4.   Mendengarkan dan menanggapi pendapat dari teman lain
2.  Bekerja sama
1.   Bekerja secara sendiri
2.   Bekerja sama dengan teman sekelompok namun terkadang lebih individualis
3.   Bekerja sama dengan teman sekelompok namun masih banyak bercanda dengan teman sekelompok.
4.   Bekerja sama dengan teman sekelompok untuk menyelesaikan permasalahan dengan berdikusi

Nilai Afektif = (jumlah skor I +2) + (jumlah skor II +2) =  

No.
Nama siswa
Karakter
Keterampilan sosial
Tanggung jawab
Jujur
Disiplin
Menghargai pendapat teman
Bekerjasama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4






















Tidak ada komentar: