Jumat, 06 November 2015

RPP bagian bunga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Alokasi Waktu           : 30 menit
Standar Kompetensi:  
2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Saling temas
Kompetensi Dasar    : 
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkait kannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan

Indikator
A.    Kognitif
1.      Proses
a.       Mengidentifikasi tentang bunga
b.      Mengidentifikasi bagian bunga.
c.       Mengidentifikasi tipe-tipe bunga beserta contohnya.
2.      Produk
a.       Menjelaskan tentang bunga.
b.      Menjelaskan bagian bunga.
c.       Menjelaskan tipe-tipe bunga beserta contohnya.
B.       Psikomotorik
1.      Mengamati bagian bunga melalui pengataman.
2.      Mengklasifikasikan bunga berdasarkan pengamatan.
C.       Afektif
1.         Karakter:
a)    Memiliki tanggung jawab mengerjakan tugas tentang tugas bunga.
b)   Mampu mengumpulkan tugas tepat waktu.
c)    Memiliki akhlak mulia dengan berbuat jujur saat mengerjakan test yang diberikan guru.
2.         Keterampilan sosial
1.      Mampu menghargai pendapat teman.
2.      Dapat bekerjasama
Tujuan Pembelajaran
A.  Kognitif
1.    Proses
a.    Siswa mampu mengidentifikasi tentang bunga melalui kajian literature.
b.    Siswa mampu mengidentifikasi bagian bunga melalui pengamatan bunga.
c.    Siswa mampu mengidentifikasi tipe bunga beserta contohnya melalui pengamatan bunga.
2.    Produk
a.    Siswa mampu menjelaskan tentang bunga minimal 3 (pengertian, penandaan, modifikasi)
b.    Siswa mampu menjelaskan tentang bagian bunga melalui pengamatan bunga minimal 4 (dasar bunga, alat kelamin jantan, alat kelamin betina, tangkai bunga, mahkota, dan kelopak).
c.    Siswa mampu menjelaskan tipe-tipe bunga beserta contohnya melalui pengamatan bunga minimal 4 (bunga tidak lengkap dan bunga lengkap, bunga sempurna,bunga jantan, bunga betina, bunga biseksualis dan bunga uniseksualis).
B.  Psikomotorik
1.    Siswa mampu mengamati bagian bunga melalui pengataman.
2.    Siswa mampu mengklasifikasikan bunga berdasarkan pengamatan.
C.  Afektif
1.    Karakter:
a.    Memiliki tanggung jawab mengerjakan tugas tentang Bunga
b.    Mampu mengumpulkan tugas tepat waktu.
c.    Memiliki akhlak mulia dengan berbuat jujur saat mengerjakan test yang diberikan guru.
2.    Keterampilan sosial
a.    Mampu menghargai pendapat teman.
b.    Dapat bekerjasama

Metode Pembelajaran    
1.      Model STAD
2.      Metode
a.    Ceramah
b.    Tanya jawab
Materi Ajar
Bunga merupakan alat reproduksi generatif, yang muncul hanya pada saat tertentu saja, yaitu jika tumbuhan telah mencapai usia tertentu. Pada bunga terjadi penyerbukan dan pembuahan yang menghasilkan buah. Di dalam buah mengandung biji, dan biji inilah yang akan tumbuh menjadi tumbuha muda. Bunga merupakan modifikasi dari salah satu dari batang, akar, atau daun.
Struktur bunga yang sempurna terdiri atas :
1.      Dasar bunga (reseptakulum)
2.      Tangkai bunga (pedicellus)
3.      Perhiasan bunga (perianthum), meliputi : kelopak (calyx) dan mahkota (corolla)
4.      Alat kelamin jantan (androecium), bagian ini berupa benang sari (stamen)
5.      Alat kelamin betina (gynaecium), bagian ini berupa putik (pistilum)
Bagian-bagian bunga :
1.      Dasar bunga (reseptakel)
Merupakan ujung tangkai yang sering kali melebar, daun telah mengalami metamorfosis menjadi bagian bunga yang duduk amat rapat satu sama lain.
2.      Tangkai bunga (pedicellus)
Yaitu bagian bunga yang masih jelas bersifat batang, padanya seringkali terdapat bagian yang menyerupai daun berwarna hijau, seakan-akan merupakan peralihan dari daun biasa ke hiasan bunga.
3.      Perhiasan bunga (perianthum)
Perhiasan bunga yaitu bagian bunga yang merupakan penjelmaan daun yang masih tampak berbentuk lembaran dengan tulang-tulang atau urat yang masih jelas. Bagian perhiasan bunga tersusun atas dua lingkaran yaitu
a.       Kelopak (calyx)
Kelopak merupakan bagian perhiasan bunga yang merupakan lingkaran terluar biasanya berwarna hijau sewaktu bunga masih kuncup merupakan selubungnya yang melindungi kuncup tadi terhadap pengaruh luar. Kelopak terdiri atas beberapa daun kelopak(sepala). Daun kelopak pada bunga dapat berlekatan satu sama lain, dapat dipisah-pisahkan.
b.      Mahkota atau tajuk bunga (corolla)
Mahkota bunga merupakan bagian perhiasan bunga yang terdapat pada lingkaran dalam, biasanya tidak berwarna hijau. Pada umumnya mahkota bunga tampak paling menyolok karena bentuknya yang besar dan warnanya yang beraneka ragam. Fungsi bunga untuk menarik serangga agar menghisap madu, yang sekaligus membantu penyerbukan. Mahkota bunga terdiri dari sejumlah daun mahkota(petala)
4.      Alat kelamin jantan (androecium)
Bagian ini sesungguhnya juga merupakan metamorphosis daun yang menghasilkan serbuk sari. Androecium terdiri sejumlah benang sari (stamen)
Stamen tersusun dalam satu lingkaran dan ada pula yang tersusun dalam dua lingkaran. Stamen memiliki kepala sari (anthera) yang terletak di ujung tangkai sari. Bentuk kepala sari bermacam-macam, yaitu bulat, jorong, dan bulat telur. Di dalam kepala sari terdapat satu atau lebih ruang sari (teka). Ruang sari ini terdiri atas dua kantong sari yang merupakan tempat terbentuknya serbuk sari (pollen) dan inilah yang disebut sebagai gamet jantan.
5.      Alat kelamin betina (gynaecium)
Yang pada bunga merupakan bagian yang biasa disebut Putik (pistilum). Putik terdiri atas metamorphosis daun yang disebut daun buah (carpella). Putik terletak di pusat bunga. Putik dapat tersusun dari satu atau lebih daun buah. Bila lebih dari satu, maka  daun buah aka tersusun sebagai lingkaran. Putik juga terssusun dari beberapa bagian yaitu :
-          Bakal buah (ovarium)
Ovarium merupakan tempat terdapatnya sel telur (ovum). Posisi ovarium adalah pada dasar bunga dan bentuknya menggembung.
-          Tangkai putik (stilus)
Stilus merupakan suatu saluran sempit tempat lewatnya serbuk sari saat pembuahan, berfungsi menyokong kepala putik.
-          Kepala putik (stigma)
Merupakan bagian yang paling atas dari putik. Pada umumnya stigma lengket dan berambut, merupakan tempat melekatnya serbuk sari saat terjadi penyerbukan.
Bunga dapat dibagi menjadi:
1.    Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki perhiasan bunga (kelopak dan mahkota) dan alat pembiak( putik dan benang sari).
2.    Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak mempunyai perhiasan  bunga atau alat pembiak,  dapat dibedakan menjadi:
a.    Bunga telanjang yaitu bunga yang tidak memiliki perhiasan  bunga.
b.    Bunga mandul (uniseksualis) yaitu bunga yang tidak mempunyai alat pembiak.
Berdasarkan kelengkapan alat pembiak, bunga dibagi menjadi:
1.    Bunga biseksualis: bunga hermafrodit/bunga sempurna: bunga yang mempunyai benang sari dan putik.
2.    Bunga uniseksualis: bunga yang mempunyai benang sari saja atau mempunyai putik saja. Dibagi menjadi:
a.    Berumah satu (monoesius) bunga jantan dan bunga betina pada satu tumbuhan.
b.    Berumah dua (dioesius) bunga jantan dan bunga betina tidak dalam satu tumbuhan.
c.    Polygam (polygame) satu tumbuhan terdapat bunga jantan, bunga betina dan bunga banci secara bersama.
3.    Bunga jantan: bunga yang hanya mempunyai benang sari saja.
4.    Bunga betina: bunga yang hanya mempunyai putik saja.

MEDIA
a.    Peta Konsep materi Organ Tumbuhan (Bunga)
b.    Gambar bunga
c.    Torso bagian-bagian bunga                       
d.   Papan Tulis
e.    Spidol
f.     Bunga

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
1
Pendahuluan :
a.      Orientasi
guru membuka pelajaran

b.      Motivasi dan Apersepsi
·        Guru Memberi pertanyaan kepada siswa.


·      Siswa Memperhatikan penjelasan guru

·      Siswa Memperhatikan dan menjawab pertanyaan dari guru


 3 menit
2
Kegiatan Inti :
1.    Eksplorasi
·      Guru menjelaskan tentang bunga dan bagian-bagiannya serta tipe-tipe bunga dan contohnya kepada siswa.
·      Guru menunjukkan bagian-bagian bunga dengan menggunakan torso bunga.
2.    Elaborasi
·      Guru membagikan LKS pada masing-masing kelompok, guru juga membimbing dalam mengerjakan LKS.
·      Guru membimbing peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dengan menunjuk perwakilan kelompok.






·      Guru memberikan koreksi terhadap jawaban diskusi kelompok presentator
3.                                                                                               Konfirmasi
·      Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya.

·      Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkam materi yang dipelajari.


·      Siswa memperhatikan penjelasan guru


·         Siswa mengamati bagian-bagian torso bunga yang ditunjuk oleh guru

·      Siswa menerima LKS dan mengerjakan LKS secara berkelompok dibimbing oleh guru.
·      Siswa yang ditunjuk sebagai perwakilan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
·       Siswa memperhatikan presentasi temannya dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan guru.
·       Siswa bertanya terhadap kelompok yang presentasi.
·       Siswa memperhatikan evaluasi guru.


·       Siswa  bertanya mengenai materi yang belum difahami
·       Siswa mengutarakan kesimpulan dari materi yang didapatkannya .

22 menit
3
Kegiatan Penutup :
·        Guru menunjuk salah satu siswa membuat kesimpulan dari pelajaran.
·        Guru memberikan lembar soal evaluasi kognitif dengan materi yang telah dipelajari.
·        Menutup pertemuan.

·      Siswa membuat kesimpulan.
·      Siswa mengerjakan lembar soal evaluasi kognitif  yang diberikan oleh guru

5 menit




SUMBER BELAJAR
a.       Buku Biologi SMA Kelas XI Semester 1   
b.      Tjitrosoepomo, Gembong. 2005. Morfologi Tumbuhan. jogjakarta: UGM press
c.       Muzayyinah. 2000. Terminologi Tumbuhan. surakarta: UNS press

EVALUASI
a.    Evaluasi produk dengan menggunakan soal kognitif berupa esay dan rubrik penilaiannya.
b.    Evaluasi proses dengan menggunakan rubrik penilaian psikomotorik
c.    Evaluasi sikap dengan menggunakan rubrik penilaian afektif.

LAMPIRAN
a.    Kisi-kisi tes kemampuan kognitif dan soal evaluasi kognitif (terlampir)
b.    Rubrik penilaian kognitif dan afektif (terlampir)

Surakarta, 26 Juni 2013
Mahasiswa


Diana Fatihatul U
K4310020
Kisi-Kisi
Tes Kemampuan Kognitif

Soal Postest
Indikator
C1
C2
C3
C4
C5
C6
Jumlah
Menjelaskan tentang bunga
1

3



2
Menjelaskan bagian bunga



4
5

2
Menjelaskan tipe-tipe bunga beserta contohnya

2



6
2
Jumlah
1
1
1
1
1
1



Keterangan:
C1:
Mengingat (Remember)
C2:
Memahami (Understand)
C3:
Menerapkan (Apply)
C4:
Menganalisis (Analyze)
C5:
Mengevaluasi (Evaluate)
C6:
Mencipta (Create)

           


























Soal Evaluasi Kognitif

Soal Postest
1.      Apakah yang dimaksud dengan bunga?
Jawab : ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
Jawab : ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
Jawab : ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
Jawab : ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
Jawab : ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.      Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!
Jawab : ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................









Soal Kelompok

1.    Gambarlah hasil amatan dan berilah keterangan pada setiap bagian dan jelaskan.
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


2.    Dari hasil pengamatan, bunga tersebut termasuk dalam tipe bunga apa? Mengapa?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


















RUBRIK KRITERIA PENILAIAN KOGNITIF

Soal postest
No
Aturan penilaian
SKOR
1
a.    Mampu menjawab dengan benar pengertian bunga
b.    Kurang menjawab dengan benar pengertian bunga
c.    Tidak dapat menjawab dengan benar pengertian bunga
10
5
0
2
a.     Mampu menjelaskan mengenai bagian-bagian bunga dengan benar
b.     Mampu menjelaskan mengenai bagian-bagian bunga namun kurang benar
c.     Tidak dapat menjawab pertanyaan
10
5

0
3
a.    Mampu menjelaskan tentang bunga merupakan suatu organ tumbuhan
b.    Dapat menjawab pertanyaan namun tidak berdasarkan teori
c.    Tidak dapat menjawab
20

15
0
4
a.    Mampu menjelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna dengan benar
b.    Mampu menjelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna namun kurang benar
c.    Tidak dapat menjawab
20

15

0
5
a.    Mampu mengemukakan pendapat dengan benar dan sesuai teori
b.    Mampu mengemukakan pendapat namun tidak sesuai teori yang ada
c.    Tidak dapat mengemukakan pendapat
20
15
0
6
a.    Mampu menggambar model gambar bunga dengan benar dengan pemberian nama bagian yang tepat
b.    Mampu menggambar model gambar bunga dengan benar namun pemberian nama bagian kurang tepat
c.    Tidak dapat menggambar model gambar bunga
20

15

0
TOTAL
100




LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN AFEKTIF SISWA KELAS KONTROL
No





Nama Siswa
Karakter
Keterapilan Sosial
Tanggung jawab
Ketelitian
Disiplin

Jujur

Bekerja sama
Menghargai pendapat
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4































































































































































































































































































Keterangan :
1     : kurang                                                       3 : baik
2     : cukup                                                        4 : baik sekali
Tanggal Pelaksanaan            :
Observer                                :
Tanda tangan                                    :




RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF SISWA

ü   Karakter
Aspek yang dinilai
Aturan penilaian
1.   Ketelitian
1.    Mampu menjawab dengan benar soal tes kognitif sebanyak 1 nomor.
2.    Mampu menjawab dengan benar soal tes kognitif sebanyak 3 nomor.
3.    Mampu menjawab dengan benar soal tes kognitif sebanyak 5  nomor.
4.    Mampu menjawab dengan benar soal tes kognitif sebanyak 6 nomor.
2.   Tanggung jawab

1.     Tidak melakukan pengamatan, dan tidak membuat catatan materi.
2.    Tidak melakukan pengamatan, tetapi membuat catatan materi.
3.   Tidak melakukan pengamatan, tetapi membuat catatan materi.
4.   Melakukan pengamatan dan membuat catatan materi.
3.   Jujur
1.  Melihat jawaban teman dan membuka buku saat ujian
2.  Membuka buku ketika ujian
3.  Melihat jawaban teman sebangku ketika ujian
4.  Tidak melihat jawaban teman dan tidak membuka buku ketika mengerjakan soal tes

ü          Ketrampilan sosial
Aspek yang dinilai
Aturan penilaian
1.  Menghargai    pendapat
1.   Tidak mendengarkan dan menanggapi pendapat dari teman lain maupun guru.
2.   Tidak mendengarkan dan menanggapi pendapat dari teman lain
3.   Mendengarkan pendapat teman tetapi tidak menanggapi pendapat dari teman lain
4.   Mendengarkan dan menanggapi pendapat dari teman lain
2.  Bekerjasama
1.   Point 4 berkurang 3
2.   Point 4 berkurang 2
3.   Point 4 berkurang 1
4.   Melakukan pembagian tugas (bekerjasama dalam menyeleaikan tugas), membantu anggota kelompok yang mengalami kesulitan, berdiskusi dalam menyelesaikan tugas kelompok.
RUBRIK PENILAIAN
KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

Aspek yang dinilai
Aturan penilaian
Pengamatan bagian bunga melalui media bunga dengan berkelompok

1.   Point 4 berkurang 3
2.   Point 4 berkurang 2
3.   Point 4 berkurang 1
4.   Mengamati bagian bunga berupa alat kelamin betina dan jantan, dasar bunga, tangkai bunga, mahkota, dan putik.
Mengklasifikasikan bunga berdasarkan pengamatan
1.      Apabila menyebutkan tipe bunga dengan salah dan menyebutkan alasannya dengan salah.
2.      Apabila menyebutkan tipe bunga dengan salah dan menyebutkan alasannya dengan benar.
3.      Apabila menyebutkan tipe bunga dengan benar dan menyebutkan alasannya dengan salah.
4.      Apabila menyebutkan tipe bunga dengan benar dan menyebutkan alasannya dengan benar.
























LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN PSIKOMOTORIK SISWA
KELAS KONTROL



No
Nama Siswa
Karakter

Pengamatan bagian bunga melalui media bunga dengan berkelompok
Mengklasifikasikan bunga berdasarkan pengamatan
1
2
3
4
1
2
3
4








































































































Soal Evaluasi Kognitif

1.     Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!


Soal Evaluasi Kognitif


1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!


Soal Evaluasi Kognitif


1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!



Soal Evaluasi Kognitif

1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!

Soal Evaluasi Kognitif


1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!


Soal Evaluasi Kognitif


1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!



Soal Evaluasi Kognitif

1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!


Soal Evaluasi Kognitif

1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!

Soal Evaluasi Kognitif


1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!


Soal Evaluasi Kognitif


1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!



Soal Evaluasi Kognitif

1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!


Soal Evaluasi Kognitif

1.    Apakah yang dimaksud dengan bunga?
2.     Jelaskan mengenai bagian-bagian dari bunga!
3.     Bunga merupakan suatu organ tumbuhan. Hal ini mengandung pengertian bahwa?
4.      Jelaskan perbedaan antara bunga lengkap dan bunga sempurna!
5.     Setiap bunga memiliki kekhasan masing-masing dari segi bentuk dan warnanya yang selalu mencolok, menurut anda apakah tujuan dari warna bunga yang mencolok? Jelaskan jawaban anda dengan teori!
6.     Buatlah model gambar bunga beserta nama-nama bagiannya!


Tidak ada komentar: