Selasa, 02 Juli 2013

Telaah Kurikulum

Kelompok 4B
1.    Arifiana NK                       (K4310007)
2.    Diana Fatihatul U               (K4310020)
3.    Isma Aziz F                        (K4310044)
4.    Ni’matul Murtafiah            (K4310061)
5.    Ulya Granit            P        (K4310086)

Keterkaitan Materi dan Pengalaman Belajar

Pengalaman belajar (learning experience) adalah sejumlah aktivitas siswa yang dilakukan untuk memperoleh informasi dan kompetensi baru sesuai dengan  tujuan yang dikehendaki.
Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan.
Sebelum sampai pada materi terlebih dahulu materi dipengaruhi oleh tujuan pembelajaran indikator, kompetensi dasar, dan standar kompetensi.
Jika materi mempengaruhi metode, media dan sumber belajar. Pada metode mempengaruhi media pembelajaran karena setiap metode mempunyai media pembelajaran yang berbeda-beda. Metode, media dan sumber belajar ini akan mempengaruhi pengalaman belajar karena pengalaman belajar merupakan kegiatan fisik maupun mental yang dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan bahan ajar, dilakukan oleh siswa untuk mempunyai penguasaan kompetensi dasar yang telah ditemukan dan memuat kecapakan hidup (life skill).
Hubungan pengalaman belajar dengan materi dapat digambarkan sebagai berikut:
 
Berikut adalah materi yang mempengaruhi media sehingga media dapat mempengaruhi pengalaman belajar yaitu
 
Contohnya:
Kompetensi dasar dalam mata pelajaran biologi  pada materi evolusi adalah menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi, mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi, dan menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi. Maka pemberian materi oleh guru kepada siswa mengacu pada kompetensi dasar ini. Secara otomatis siswa akan mengalami pengalaman belajar sesuai dengan materi yang disampaikan guru tersebut.

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar: