Kamis, 06 Desember 2012

Pembungaan dan Pembuahan pada kacang tanah


Pembungaan dan Pembuahan pada Kacang Tanah

Proses Pembungaan
Proses pembungaan mengandung sejumlah tahap penting, yang semuanya harus berhasil dilangsungkan untuk memperoleh hasil akhir yaitu biji. Bunga pada kacang tanah bertipe menjalar.
Menurut Elisa (2004) tahapan dari pembungaan meliputi :
1.    Induksi bunga (evokasi)
Adalah tahap pertama dari proses pembungaan, yaitu suatu tahap ketika meristem vegetatif diprogram untuk mulai berubah menjadi meristem reproduktif. Terjadi di dalam sel. Dapat dideteksi secara kimiawi dari peningkatan sintesis asam nukleat dan protein, yang dibutuhkan dalam pembelahan dan diferensiasi sel.
2.    Inisiasi bunga
Adalah tahap ketika perubahan morfologis menjadi bentuk kuncup reproduktif mulai dapat terdeteksi secara makroskopis untuk pertama kalinya. Transisi dari tunas vegetatif menjadi kuncup reproduktif ini dapat dideteksi dari perubahan bentuk maupun ukuran kuncup, serta proses-proses selanjutnya yang mulai membentuk organ-organ reproduktif. Menurut Ashari (1998) tanaman keras ternyata mempunyai periode inisiasi dan pembungaan yang sangat beragam. Pada umumnya periode antara inisiasi dan pembungaan berkaitan dengan sifat tumbuhnya yang juga dipengaruhi oleh iklim. Kebanyakan tanaman tropis dan subtropis mempunyai periode inisiasi bunga dan antesis yang sangat singkat.
3.    Perkembangan kuncup bunga menuju anthesis (bunga mekar)
Ditandai dengan terjadinya diferensiasi bagian-bagian bunga. Pada tahap ini terjadi proses megasporogenesis dan mikrosporogenesis untuk penyempurnaan dan pematangan organ-organ reproduksi jantan dan betina.
4.    Anthesis
Merupakan tahap ketika terjadi pemekaran bunga. Biasanya anthesis terjadi bersamaan dengan masaknya organ reproduksi jantan dan betina, walaupun dalam kenyataannya tidak selalu demikian. Ada kalanya organ reproduksi, baik jantan maupun betina, masak sebelum terjadi anthesis, atau bahkan jauh setelah terjadinya anthesis. Bunga-bunga bertipe dichogamy mencapai kemasakan organ reproduktif jantan dan betinanya dalam waktu yang tidak bersamaan.


Proses pembuahan
Proses penyerbukan bunga kacang tanah terjadi pada malam hari yaitu sebelum bunga mekar. Proses penyerbukannya yaitu:
Tabung kelopak bunga tumbuh memanjang kira-kira ukuran 5-7 cm, setelah mencapai umur dewasa. Ujung tabung kelopak bunga yang semula menguncup terjadi gerakan spontan karena adanya dorongan dari gerakan benang sari. Kuncup itu kemudian terkuak bersamaan dengan mekarnya standar mahkota bunga mengelilingi dan melindungi benang sari, karena adanya getaran maka serbuk sari berguguran. Di antara sekian banyak serbuk sari yang berguguran, ada yang jatuh di dalam kemudian masuk melalui tangkai panjang dan terjadi proses kapilarisasi yaitu serbuk sari menuju pada bakal buah. Akhirnya terjadi pembuahan.
Tanaman kacang tanah melakukan penyerbukan sendiri. Penyerbukan silang pada tanaman kacang dapat terjadi tapi dalam jumlah yang sangat rendah.
Setelah terjadi pembuahan, bakal buah tumbuh memanjang dan sisebut ginofora. Mula-mula ujung ginofora yang runcing mengarah ke atas tapi setelah tumbuh memanjang, ginofora tadi mengarah ke bawah (positif geotropic) dan terus ke dalam tanah. Setelah polonh terbentuk maka proses pertumbuhan ginofora yang memanjang berhenti. Ginofora dapat tumbuh memanjang dan mencapai ukuran 6-17 cm. ginofora itu dapat masuk ke dalam tanah yang tipe pertumbuhannya tegak, ginofora yang terbentuk panjang. Ginofora yang tidak dapat masuk menembus tanah, akhirnya tidak dapat menembus polong.

13 komentar:

Hery_Danjhu mengatakan...

tnks sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

iya sama-sama

Unknown mengatakan...

jd ko tidak berbunga. apakah kacang tanah dapat berbuah juga ?

Anonim mengatakan...

secara normal, setelah pembungaan akan mengalami pembuahan

Unknown mengatakan...

sffd

Unknown mengatakan...

buah kacang tanah merupakan perkembangan dari akar apa bener ato tdk?berikan alasan.a

jauhari999 mengatakan...

Salah bro,,,,,,mkanya di lihat penjelasan dan gambarnya

belajar internet mengatakan...

sangat membantu. jadi paham kenapa kacang tanah bunganya diatas buahnya dibawah

Unknown mengatakan...

Berapa hari kacang tanah mulai membentuk ginofor, dan berapa jumlahnya tiap 2 minggu?

Anonim mengatakan...

terima kasih, sangat bermanfaat

Anonim mengatakan...

Ini gak bermanfaat salah ini

Anonim mengatakan...

Apakah pembumbunan pada kacang tanah memang harus di lakukan..???

Anonim mengatakan...

Kalo Ginofora tdk dapat menembus tanah berarti gak jadi kacang ya ... ?